Melancong di Sabang

Dari Sabang sampai Merauke berjejer pulau pulau... Ayo siapa yang baca ini sambil nyanyi? Haha kali ini aku mau share pengalaman aku saat trip ke Sabang. Hore ujungnya Indonesia! Perjalananku dimulai dari Jakarta menuju Aceh lalu menuju Sabang menggunakan kapal feri. Kira kira Aceh - Sabang itu memakan waktu 1 jam. Kalo gitu yuk mari kita mulai aja melancong di Sabang cusss neik

Day 1 
Anoi Itam



I







































Kenapa Anoi Itam? Kalo kata tour guide lokal aku itu berarti pasir pantai hitam, yap memang betul disini pasir pantainya agak hitam. Lautnya bagus, sangat luas dan biru. Disini terdapat benteng peninggalan Jepang. FYI di sabang banyak sekali benteng benteng peninggalan Jepang, di karenakan sabang merupakan ujung Indonesia yang berpotensi masuknya orang asing ke dalam negri. Di anoi itam anginnya sangat besar sekaliii loh, jadi sangat disarankan jangan menggunakan rok yaa bisa terbang terbang deh. Tapi disini tempat yg sangat nyaman untuk bersantai santai, banyak pepohonan rindang jadi bawannya betah deh. 


Pantai Sumur Tiga







Pantai ini dijuluki sebagai hawainya sabang dan aku setuju! Aku foto foto di pantai ini dan hasilnya kayak bohongan gitu, berasa foto walpapar di google padahal ini aseli foto pribadi aku sendiri. Pantainya bersih, putih, pasirnya halusss lembut. Pantai tersembunyi dan masih sedikit pengunjung disini. Recomended banget kalo ke sabang harus kesini yaa tapi jangan lupa dijaga kebersihannya, jangan buang sampah sembarangan


Day 2
Titik 0 Kilometer Indonesia



Jembatan pinggir laut untuk melihat sunset


I cant belive it omg really aku di titik 0 km Indonesia W.O.W. ini ujungnya Indonesia guys. Kebetulan aku kesini sekita jam 4an karena pengen liat sunsetnya dan ini sunset terbaik yang pernah ku lihat. Sampai di sini aku sebenernya masih gak nyangka gitu jalan tidak ber-ujung alias buntu karena ujung pulau. Well thanks god udah kasih aku kesempatan kesini. Aku itu pasti ya kalau ada hal yang membuatku merasa WOW pasti selalu ingat Allah dan bersyukur aku diberi kesempatan melihat ciptaanya dan ke indahan negaraku Indonesia. Bersyukur bisa diberi kenikmatan melihat sunset di sabang. 


Day 3
Rubiah Island


Perjalanan menuju rubiah island menggunakan speedboat





Now its time to freedive! Aku ini freediver loh walaupun masih belajar bisa sedikit sedikit lah. Penasaran banget gimana ya rasanya nyelem di sabang, ujungnya Indonesia ya kannn. Well, ternyata di dalam lautnya banyak terdapat karang buatan yang memang sengaja di taro di dalam laut oleh manusia. Ada ayunan, motor, besi besi dsb. Lautnya cukup dingin dan ikannya banyak sekali bahkan besar besar. Karangnya memang sedikit bahkan aku jarang liat ada karang.


Gua Sarang, Pulau Weh

Perjalanan menuju gua sarang 




Pemandangan di atas kalian kayak gini, serem kan



Main ayunan dulu di pulau weh

Selesai main air lanjut aku dan yang lainnya bergegas menuju destunation berikutnya yaitu gua sarang. Di dalam gua tersebut banyak sekali burung wallet yang terkenal sangat mahal, namun sayangnya aku gak masuk kedalam gua di karenakan air sedang pasang. Jadi jalan masuk gua tertutup air laut :( sedih banget. I was not lucky. Memang gua nya itu terdapat persis di batu batu pinggir laut dan kalo dipaksakan justru bahaya bagi pengunjungnya sendiri. Memang untuk menuju gua sarang tergolong ekstrim menurutku. 

Alun Alun kota Sabang





Sebelum balik ke Aceh jangan lupa mampir ke alun alun sabang, dimana terdapat tulisan i love sabang yang menjadi iconic kota sabang sendiri. Wajib harus kesini yaa. Dari atas kalian bisa melihat pemandangan sekitar yang indah sekali jauh dari keramain kota jakarta. Ya memang selama aku travel keliling indonesia khusunya luar pulau jawa pasti daerah tersebut jauh lebih minim penduduknya dibandingkan pulau jawa. Memang terjadi ketidak seimbangan perataan penduduk mulai dari sabang sampai merauke. Mungkin dengan meningkatkan infrastruktur di tiap tiap daerah dapat membuat penduduk setempat akan stay di daerah masing masing tanpa harus pindah ke pulau jawa. Jaya terus Indonesiaku amin. Oke semoga perjalanan trip aku bermanfaat untuk kalian semua yaa

Terima kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hello People!

Explore Madura